Jumat, 22 Februari 2013

Ukhuwah (Persaudaraan)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.


Para pembaca yang setia, kali ini kita akan memaknai ukhuwah. Apa sich ukhuwah itu…???
Menurut Imam Hasan Al-Banna : Ukhuwah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan Aqidah.
Trus, gimana za kita membangun sebuah ukhuwah?? Yuk baca bareng-bareng tips-tips berikut:
Mendo’akan saudara kita
“ Tidak seorang hamba mukmin berdo’a untuk saudaranya dari kejauhan melainkan malaikat berkata :’Dan bagimu juga seperti itu.” (HR.Muslim)
Menunjukkan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa
“Janganlah engkau meremehkan kebaikan (apa saja yang datang dari saudaramu), Dan jika kamu berjumpa dengan saudaramu maka berikan dia senyum kegembiraan.” (HR.Muslim)
Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
“Tidak ada dua orang mukmin yang berjumpa lalu berjabatan tangan melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah.” (HR.Abu Daud dari Barra’)
Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
Imam Malik meriwayatkan : Berkata Nabi bahwa Allah berfirman:”Pasti akan mendapat cinta-Ku orang-orang yang mencintai karena Aku, dimana keduanya saling berkunjung karena Aku dan saling memberi karena Aku.”
Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
“Hendaklah kalian saling memberi hadiah karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati.” (HR. Imam Dailami dari Anas)
Memperhatikan saudaranya dan membantu keperluannya
“Siapa yang meringankan beban penderitaan seorang mukmin di dunia pasti Allah akan meringankan beban penderitaan di akhirat kelak. Siapa yang memudahkan orang yang dalam dalam keadaan susah pasti Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutupi aib seorang muslim pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan selalu menolong hamba-Nya jika hamba tersebut menolong saudar-Nya.” (HR. Muslim)
Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
“ Hak seorang muslim atas muslim ada enam, yaitu jika bertemu maka ucapkan salam kepadanya, jika diundang maka penuhilah, jika dinasehati maka nasehati pulalah dia, jika bersin maka doakanlah, jika sakit kunjungilah dan jika meninggal maka antarkanlah ke kubur.” (HR. Muslim dan Abu Hurairah)
Mengucapkan selamat pada saat-saat keberhasilan
“ Barangsiapa mengucapkan selamat kepada saudaranya ketika saudaranya mendapat kebahagiaan niscaya Allah menggembirakannya pada hari kiamat.” (HR. Thabrani)

Hemm, habis baca tips di atas mari kita praktekkan yuk, kita buktikan bersama-sama keampuhan tips-tips di atas. Semoga kita mampu menjaga ukhuwah dengan saudara-saudara kita.
Sampai jumpa lagi di GR@TiS edisi selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar